Ketahui Perbedaan dan Hubungan COVID-19 dan SARS-COV2

28 Juli 2020 14:29:13 WIB

Seperti yang kita alami bersama sampai saat ini, Pandemi Covid-19 belum juga kunjung usai. Sudah lebih dari empat bulan masyarakat Indonesia harus berdampingan dengan pandemi ini. Penambahan kasus masih terus terjadi di Indonesia, walaupun memasuki masa New Normal ini. Namun, perlu diketahui beberapa fakta yang jarang diketahui terkait Covid-19, salah satunya adalah virus yang menyebabkan pandemi ini.

Tahukah kamu bahwa selama pandemi ini, terdapat dua istilah yang seringkali digunakan dalam media masa, yakni Covid-19 dan SARS-COV2. Ternyata, keduanya memiliki arti yang berbeda. COVID-19 merupakan nama yang diberikan WHO untuk menjelaskan penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru. Sedangkan, istilah SARS-COV2 adalah penamaan terhadap Virus Korona yang mengakibatkan infeksi pernapasan COVID-19.

Virus Korona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).

COVID-19 disebabkan oleh SARS-COV2 yang termasuk dalam keluarga besar coronavirus yang sama dengan penyebab SARS pada tahun 2003, hanya berbeda jenis virusnya. Gejalanya mirip dengan SARS, namun angka kematian SARS (9,6%) lebih tinggi dibanding COVID-19 (kurang dari 5%), walaupun jumlah kasus COVID-19 jauh lebih banyak dibanding SARS. COVID-19 juga memiliki penyebaran yang lebih luas dan cepat ke beberapa negara dibanding SARS.

Lebih lanjut, di bawah ini bisa dilihat infografis dari indonesiabai.id mengenai perbedaan dan hubungan antara COVID-19 dan SARS-COV2. Yuk disimak.

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Dokumen Lampiran : Infografis Hubungan COVID-19 dan SARS-COV2


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Kedungpoh

tampilkan dalam peta lebih besar